Sejumlah E-commerce yang hadir di Indonesia saat ini berlomba-lomba untuk mendapat keuntungan. Terlebih lagi, selama pandemi COVID-19, diketahui sejumlah masyarakat lebih memilih berbelanja melalui E-commerce demi tetap #dirumahaja selama pandemi. Hal ini pun membuat Shopee berbangga diri lantaran Shopee dilaporkan menjadi E-commerce yang paling diminati konsumen selama pandemi COVID-19.
Kabar ini pertama kali tercium usai Snapcart, aplikasi online untuk riset pasar, melakukan riset tentang perilaku konsumen saat belanja online selama periode Ramadan dan pandemi.
Hasil riset ini menunjukkan 66 persen konsumen dari 1.000 responden di Indonesia memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat (top of mind). Lebih detailnya, 58 persen konsumen di Jabodetabek memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat dan 72 persen konsumen non-Jabodetabek.
Untuk posisi kedua, 16 persen konsumen memilih situs Tokopedia dengan 19 persen dari Jabodetabek dan 12 persen non-Jabodetabek. Posisi ketiga terpantau sebanyak 12 persen konsumen memilih Lazada (13 persen di Jabodetabek dan 10 persen non-Jabodetabek). Selanjutnya, 4 persen konsumen memilih Bukalapak (5 persen Jabodetabek dan 3 persen non-Jabodetabek) dan disusul Blibli, JD.ID, Akulaku, OLX, dan Sociolla.