Beriklan di Google merupakan salah satu strategi marketing yang harus Anda coba. Kenapa? Sebab, peluang iklan Anda dilihat oleh banyak orang jadi lebih besar. Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan Google Ads yang bisa Anda pilih yaitu:
- Google Adwords (Google Ads)
- Google Display Network
- Google Shopping
- Youtube Ads
- Google AdMob
Masing-masing jenis iklan telah didesain untuk tujuan bisnis tertentu. Misalnya untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product and brand consideration, app promotion, dan brand awareness.
Google Adwords (Google Ads)
Google AdWords adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan menggunakan Google AdWords, Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.
Google Display Network
Seperti namanya, Google Display Network adalah iklan yang ditampilkan dengan bentuk display ads. Display ads ini bisa berupa iklan berbentuk teks, maupun berbentuk visual.
Google Shopping
Google shopping adalah layanan iklan Google yang berisi informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan link toko online penjual. Di layanan Google Shopping, pembeli dapat menemukan produk serupa dari banyak toko online. Pembeli juga bisa melihat dan membandingkan produk yang sama dari berbagai toko online.
Youtube Ads
YouTube Ads adalah layanan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda melalui YouTube. Singkatnya, layanan iklan YouTube.
Saat ini sudah banyak bisnis yang menggunakan YouTube Ads karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya, Anda bisa menentukan target audiens secara spesifik berdasarkan lokasi atau minatnya terhadap produk.
Google AdMob
AdMob adalah kependekan dari advertising on mobile, sebuah perusahaan yang awalnya didirikan oleh Omar Hamoui pada tahun 2006. Namun, pada November 2009, perusahaan iklan mobile tersebut diakuisisi oleh sang raksasa teknologi, Google.
Sebagai salah satu platform iklan milik Google, AdMob sekarang dipakai untuk mempromosikan dan memonetisasi aplikasi seluler. Sama seperti MoPub, platform ini juga memberi kesempatan kepada para pengembang untuk mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan dalam aplikasi. Pun, AdMob dapat digunakan untuk memonetisasi aplikasi dengan mengaktifkan iklan di dalamnya.
Selain itu, AdMob juga telah disematkan fitur-fitur yang dapat memaksimalkan nilai setiap tayangan. Platform ini menggabungkan antara permintaan pengiklan global, format iklan yang sangat inovatif, dan kecanggihan teknologi monetisasi dalam aplikasi.
Sebagai solusi periklanan untuk berbagai platform seluler, AdMob dapat dioperasikan dengan baik pada sistem Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone. Ini juga menjadi salah satu perusahaan iklan seluler terbesar yang telah melayani lebih dari 40 miliar mobile banner dan iklan teks setiap bulan di berbagai aplikasi seluler dan situs web.