Tema Rapat   : FGD perumusan kebutuhan kerjasama dengan asosiasi dan kebutuhan bidang kerja dan stateholder bersama mitra dan calon stateholder sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan sesuai abad 21.

Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) Bersama mitra dan calon stateholder yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 secara hybrid di Hotel Grand Rohan Jogja dan melalui media Zoom Cloud Meetings pada pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB. Pokok pembahasan pada diskusi ini berfungsi sebagai wadah diskusi terkait topik visi, misi, program dan kurikulum serta student outcome.

Kurikulum merupakan salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya kurikulum maka proses belajar mengajar akan tidak terstruktur dan terarah. Adanya kurikulum ini berfungsi untuk alur dan plot yang jelas untuk jalannya proses pembelajaran. Kurikulum juga harus dibuat sebagai pedoman tenaga pendidik untuk mencapai tujuan atau standarisasi capaian belajar yang telah dibuat.

Pada kesempatan kali ini, Prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta mengundang perwakilan dari 5 mitra kerja antara lain Gamatechno, Gameloft, 4N6Labs, PT. Inixindo Widya Iswara Nusantara, dan SUHU. Peserta yang hadir secara langsung Yoga Adi Nugraha, S.S. selaku perwakilan mitra dari PT. Inixindo Widya Iswara Nusantara dan Mohammad Isnaini selaku Direktur dari SUHU. Perwakilan dari mitra lain juga hadir pada media Zoom Cloud Meetings.

Workshop ini merupakan salah satu ikhtiar prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta untuk memberikan dampak positif serta melakukan evaluasi bagi prodi khususnya dalam penetapan dan pengembangan kurikulum.  Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs menyampaikan bahwa besar harapan agar kurikulum Prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta dapat lebih baik kedepannya. Mengingat prodi Teknologi Informasi merupakan prodi yang berfokus pada teknologi informasi Kesehatan yang merupakan salah satu bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Yoga Adi Nugraha, S.S. selaku perwakilan mitra dari PT. Inixindo Widya Iswara Nusantara menyampaikan bahwa kurikulum yang telah disusun oleh prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan namun memang ada beberapa hal yang perlu diperhatian dan ditinjau kembali untuk Fokus mahasiswa dalam dunia kerja, agar kurikulum yang diterapkan semakin baik dan bisa mendapatkan output yang lebih maksimal.

Sementara itu, Mohammad Isnaini selaku Direktur dari SUHU mengapresiasi kerja keras, usaha, dan semangat prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta dalam menyusun kurikulum untuk mahasiswa kelak. Beberapa poin yang disampaikan terkait softskill yang harus ditingkatkan di era saat ini serta praktik yang harus diberikan untuk kesiapan di dunia kerja kelak.

Mitra memberikan beberapa masukan beberapa diantaranya perlunya praktik langsung mahasiswa, pengembangan softskill dan harskill serta fokus mata kuliah di masing-masing semester. Besar harapan Mitra agar Workshop Peninjauan Kurikulum yang dilakukan dapat menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!