Babak Final Kompetisi Capture The Flag (CTF) Digital Security “Find Your Enemy”: Para Peserta Hebat Siap Bersaing Menjadi Juara

27 Agustus 2023 – Kompetisi Capture The Flag (CTF) Digital Security Competition ”Find Your Enemy” tingkat SMA/MA/SMK Sederajat telah mencapai tahap akhir dengan pengumaman finalis yang berhasil lolos dari serangkaian tantangan teknis dan kreatif. Acara ini merupakan ajang bergengsi dalam menguji kemampuan keamanan siber peserta, serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya keamanan siber di kalangan generasi muda.

Dalam tahap penyisihan berlangsung dengan ketat, 26 peserta dari berbagai SMA/MA/SMK telah berpartisipasi dalam kompetisi CTF, setelah melalui serangkaian tantangan yang melibatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemecahan masalah teknis, akhirnya 12 tim melaju menembus babak final.

Alvi Zumaela Izdiana selaku ketua panitia penyelenggara mengungkapkan, “Kami sangat senang dan kagum dengan semangat dan dedikasi para peserta dalam menghadapi tantangan yang rumit. Kompetisi ini bukan hanya menguji pengetahuan teknis, tetapi juga kemampuan analisis, kreativitas dan juga kerja tim.”

Para finalis melanjutkan kompetisi pada babak final secara hybrid. Pada babak final, mereka menghadapi tantangan yang lebih rumit, kompleks dan beragam dalam berbagai bidang keamanan siber. Para finalis berkompetisi untuk memperebutkan juara dan mendapatkan penghargaan serta kesempatan untuk mengasah kemampuan lebih lanjut dalam keamanan siber.

Ketua Program Studi Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs., dalam sambutannya menyatakan “Teman-teman disini harapannya nanti bisa mempunyai pengalaman lebih, mempunyai pengalaman yang luar biasa. Selamat datang dan selamat kepada finalis yang nanti mendapatkan juara itu adalah bonus, untuk yang belum mendapatkan juara jangan patah semangat dan tetap terus belajar”, sebelum ditutup Zahra menambahkan pantun “Finalis CTF UNISA datang di hari Minggu, berjuang mencari bendera di kompetisi, jangan risau dan jangan galau Teknologi Informasi UNISA selalu di hati.”

Dengan semangat berkompetisi yang positif, para peserta diharapkan dapat menjadi generasi yang peka terhadap risiko keamanan siber dan berperan dalam melindungi dunia digital yang semakin kompleks.