Mengetahui Tentang User Interface, Kelebihan Maupun Kekurangannya

Tahukah kamu, bahwa antarmuka pengguna atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai User Interface (UI) memiliki peran yang amat penting dalam sebuah komputasi. Pasalnya, User Interface sudah berkembang secara pesat selama beberapa tahun terakhir dan telah berkembang menjadi salah satu bidang teknologi yang paling kreatif, inovatif dan menarik.

Desain User Interface (UI) juga dikenal sebagai desain antarmuka pengguna, yang mengacu pada desain estetika semua elemen visual dari antarmuka pengguna produk digital, yaitu presentasi dan interaktivitas produk. Pemahaman tentang Desain UI sering membingungkan jika dibandingkan dengan desain UX yang dikenal juga sebagai desain pengalaman pengguna. Sementara desainer UI dan UX sama-sama bekerja secara baik, kedua bidang ini merujuk pada aspek terpisah dari proses desain.

Desain UX adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan kegunaan dan aksesibilitas suatu produk, halaman web, atau aplikasi. Di sisi lain, desain UI adalah desain antarmuka produk, yang dengan kata lain sering disebut sebagai sesuatu hal yang sebenarnya dilihat pengguna saat mereka berinteraksi dengan produk. Dari skema warna hingga tipografi, perancang UI bertanggung jawab atas tampilan dan nuansa produk. Desain UI melibatkan semua unsur dengan mengantisipasi preferensi pengguna dan membuat antarmuka yang memahami dan memenuhinya. Desain UI tidak hanya berfokus pada estetika, tetapi juga memaksimalkan daya tanggap, efisiensi, dan aksesibilitas situs web.

Kelebihan Dari User Interface

User Interface adalah representasi grafis dimana pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat melalui ikon grafis. UI adalah jenis antarmuka pengguna yang paling umum digunakan saat ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kelebihan dari User Interface:

  • Hanya membutuhkan klik pada gambar sederhana atau gambar untuk menggunakan fungsinya.
  • Sangat mudah digunakan oleh pemula karena mudah digunakan.
  • Ikon sederhana di antarmuka UI menggunakan banyak instruksi di bagian belakang. Oleh karena itu mudah bagi programmer untuk kode dalam bahasa UI (seperti VC ++, VB, C #, .Net, Labview dll.) Dibandingkan dengan bahasa pemrograman non UI lainnya.
  • Programmer atau pengguna tidak perlu memahami cara kerja sistem komputer.
  • Terlihat sangat menarik dan multi-warna.
  • Ini jauh lebih baik daripada antarmuka berbasis perintah yang memiliki banyak kelemahan.
  • Pengguna dapat beralih dengan cepat antar tugas pada antarmuka UI.
  • Interaksi layar penuh juga dimungkinkan dengan akses cepat dan sehat ke mana saja di layar.

Kelemahan atau Kekurangan Dari User Interface

Meskipun banyak keuntungan atau kelebihan yang diberikan oleh user interface, ternyata user interface juga tidak luput dari berbagai kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari User interface yang perlu kamu ketahui:

  • Pengguna menggunakan lebih banyak memori komputer karena tujuannya adalah untuk membuatnya ramah pengguna dan bukan sumber daya yang dioptimalkan. Akibatnya bisa membuat lambat diakses pada mesin yang lebih tua.
  • UI menjadi lebih kompleks jika pengguna perlu berkomunikasi dengan komputer secara langsung.
  • Tugas tertentu mungkin memakan waktu lama karena banyak menu untuk memilih pilihan yang diinginkan.
  • Perintah tersembunyi harus dicari menggunakan file Bantuan.
  • Aplikasi berbasis UI membutuhkan lebih banyak RAM untuk dapat dijalankan.
  • Menggunakan lebih banyak kekuatan pemrosesan dibandingkan dengan jenis antarmuka lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *