5 Dampak Positif dari Internet yang Harus Anda Ketahui

Hampir semua aktivitas manusia sehari-hari bergantung pada internet, terlebih sejak pandemi. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial hingga budaya, semua kegiatannya didukung oleh internet. Dampak positif internet memang dirasakan oleh berbagai pihak dengan lebih cepat dan mudahnya penyelesaian pekerjaan.

Berikut 5 dampak positif dari internet yang harus anda ketahui:

  • Memudahkan Komunikasi

Sejak aplikasi perpesanan, WhatsApp, dirilis pada 2009, berbagai lapisan masyarakat mulai terbiasa memanfaatkan internet untuk mengirim pesan. Tak berselang lama, muncul aplikasi perpesanan lain untuk bersaing dengan WhatsApp, seperti Line, Kakao Talk, WeChat, dan sebagainya. Belum selesai di situ, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram turut membuat fitur pesan pribadi.

  • Memudahkan Pencarian Informasi

Dampak positif internet selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah kemudahan akses terhadap berbagai informasi yang bisa didapat pula secara real time. Selain berita dari portal online, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari media sosial. Alhasil, seorang ilmuwan, Marshall McLuhan, mencetuskan istilah “global village” sebagai representasi kemudahan pertukaran informasi di seluruh dunia.

Di sisi lain, para pelajar juga mendapat ‘cipratan’ dari dampak positif internet, seperti kemudahan mendapatkan referensi karya ilmiah, jurnal online, bahkan mencari buku yang sulit ditemui di perpustakaan.

  • Memudahkan Transaksi Bisnis

Kehadiran internet membuat transaksi dan proses belanja semakin mudah karena dapat dilakukan melalui internet. Selain proses pembelian, proses pembayaran pun dapat dilakukan melalui aplikasi dan website perbankan atau uang digital alias e-wallet. Kemudahan ini juga dirasakan oleh penjual produk online, karena mereka tidak diwajibkan untuk memiliki toko fisik untuk menjual produk.

Tak hanya dari segi penjual dan pembeli, dampak positif keberadaan internet juga dirasakan oleh penyedia jasa antar barang. Selain memanfaatkan jasa logistik, kini tak sedikit pelaku bisnis online yang mengandalkan jasa antar dari layanan ojek online.

  • Sarana untuk Belajar

Sesuai penjelasan di poin sebelumnya, internet dapat digunakan untuk mencari buku atau referensi belajar bagi siswa. Namun, dampak positif internet tak hanya berhenti di situ.

Melalui berbagai platform seperti artikel blog, media sosial, atau platform berbagi video, YouTube, kini semua orang bisa belajar dari internet. Bahkan sejak pandemi, internet menjadi sarana utama dalam mendukung kegiatan belajar mengajar secara formal. Selain itu, tak sedikit pula yang memanfaatkan internet untuk belajar dari web seminar alias webinar.

  • Media untuk Berkarya

Memamerkan hasil karya kini tak lagi menggunakan cara yang sulit. Inilah salah satu dampak positif lain dari internet, kamu bisa menggunakan berbagai platform untuk menampilkan hasil karyamu. Jika suka menulis, kamu bisa menulis di blog, jika suka berbicara di depan umum, kamu bisa membuat konten dan mengunggahnya ke YouTube, dan jika kamu suka bereksperimen, buatlah website yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *