Review Kurikulum PSTI Tahun 2022 dengan Stakeholder Internal

Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) Bersama stakeholder internal Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, 15 September 2022 secara offline di Kampus Terpadu UNISA Yogya Gedung Siti Moendjijah, Ruang SM. 04.2.11 pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Pokok pembahasan pada diskusi ini melakukan review rancangan kurikulum yang telah disusun oleh tim kurikulum Program Studi Teknologi Informasi 2022. Kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah diskusi terkait topik visi, misi, program dan kurikulum serta student outcome.

Kurikulum berisi sekumpulan rencana, tujuan, dan materi pembelajaran, kurikulum salah satu elemen penting yang ada dalam sistem pendidikan sebagai arah dan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran atau pendidikan, terkhusus lembaga pendidikan formal.  Fungsi dari kurikulum sebagai alur atau pedoman jalannya proses pendidikan selama proses perkuliahan. Tanpa adanya sebuah kurikulum pembelajaran tidak terarah sehingga tidak menghasilkan hasil yang baik.

Pada kegiatan ini Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta mengundang Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP), Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM), Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (BPTSI), Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Kepala Biro Akademik, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), Ketua Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI), Kepala UPT Laboratorium, Kepala Biro Aset dan Umum (BAU), dan Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Suprihatin Wijayanti, S.P., M.Sc. selaku kepala Biro Aset dan Umum, Dr. Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes. selaku kepala BPP, Basit Adhi Prabowo, S.T. selaku kepala BPTSI, Nor Faizah Kaeni, M.A. selaku kepala PPB, Herlin Fitriana Kurniawati selaku kepala BPM, Arum Kusumandani, S.Pd. selaku kepala Biro Akademik, serta dihadiri secara online oleh Dr.Islamiyatur Rokhmah.,M.S.I. kepala LPPI dan Cesa Septiana Pratiwi, S.S.T., M.Mid., Ph.D. selaku kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional. Didampingi oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Hapsari Wahyuningsih, S.T., M.Sc dan Nosa Septiana Anindita, S.Pt., M.Biotech. Acara ini tentu dihadiri oleh Kepala Program Studi Teknologi Informasi Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. serta dosen-dosen Teknologi Informasi UNISA Yogya.

Basit Adhi Prabowo, S.T. selaku kepala BPTSI menyampaikan beberapa pokok bahan sebagai bahan konfirmasi juga sebagai saran untuk penyusunan kurikulum 2022, beberapa poin yang disampaikan a) Fokus Artificial Inteligent yang akan digunakan seperti apa, pemilihan Bahasa harus disesuaikan dengan fokus pembelajaran b) Pengambilan studi kasus pada klinik atau puskesmas sangat direkomendasikan sebagai bahan proyek c) Peminatan sains data bisa dipecah menjadi 2 mata kuliah misalkan penambangan data dan pemrosesan data d) Bahan kajian bisa ditambahkan clean code, dengan bahan ajar Semitracing dan filtering dengan melakukan praktik langsung.

Arum Kusumandani, S.Pd. selaku kepala Biro Akademik menyampaikan beberapa pertanyaan serta afirmasi kepada tim penyusun terkait a) Penyesuaian tujuan yang dibuat harus selaras dengan fakultas dan universitas b) Pengurangan jumlah sks pada semester 7 c) Melakukan praktik kerja langsung di UNISA Yogya dan menanyakan terkait Integrasi sistem yang di berikan pada mata kuliah.

Dr. Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes. selaku kepala BPP menyampaikan bahwa a) bisa menggunakan 1 visi saja b) Pembuatan body of knowledge pada CPLO c) Melakukan perbandingan TI dan AI dalam luar negeri dan dalam negeri dan membuat pembeda dengan yang lainnya d) Melakukan evaluasi sumber daya dalam pemahaman Artificial intelligent, melakukan penguatan pada SDM hingga Saranan Prasarana e) Menyusun roadmap hingga tahun 2025 dalam melakukan pengembangan f) Mata kuliah Metode Penelitian diberikan sebelum semester 6 dan 7.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi juga menyampaikan terkait rencana atau strategi untuk mendampingi mahasiswa agar lulus tepat waktu. Strategi yang dilakukan yakni mata kuliah Skripsi melakukan pertemuan sejumlah 14 kali bertujuan untuk memberikan pendampingan progres mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. selaku kepala Program Studi Teknologi Informasi serta dosen-dosen penyusun kurikulum memberikan tanggapan dan menindaklanjuti beberapa masukan dan saran yang telah disampaikan oleh beberapa kepala biro. Kepala Program Studi Teknologi Informasi sangat berharap dengan adanya kegiatan pendampingan ini mampu memberikan pencerahan untuk tim penyusun kurikulum Program Studi Teknologi Informasi dalam menyusun kurikulum lebih baik lagi sebagai bahan ajar mahasiswa saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Harapan Prodi S1 Teknologi Informasi dengan adanya arahan dan pendampingan dari stakeholder internal UNISA Yogya menjadikan Kurikulum prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi misi, serta prodi Teknologi Informasi mampu menciptakan lulusan yang kompeten dan siap meghadapi dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *