7 MAHASISWA PSTI UNISA YOGYAKARTA TELAH MELAKSANAKAN MBKM MAGANG INDUSTRI PT.MEDIA SARANA DATA (GMedia) SELAMA SATU SEMESTER

Program Magang Industri/kerja praktek merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud No.3 Tahun 2020 pasal 15 ayat 1 menyebutkan ada delapan program BKP yakni : 1). Pertukaran Mahasiswa, 2). Magang/Praktik Kerja, 3). Asistensi Mengajar, 4). Penelitian/Riset, 5). Proyek Kemanusiaan, 6). Kegiatan Wirausaha, 7). Studi/Proyek Independen dan 8). KKN Tematik. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka menyiapkan para mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Magang industri berlangsung selama 1 semester dengan bobot konversi mata kuliah 20 SKS.

PSTI UNISA Yogyakarta adalah salah satu program studi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan MBKM. PSTI UNISA telah bekerjasama dengan PT. Media Sarana Data (Gmedia) untuk melaksanakan MBKM BKP Magang Industri.

Kegiatan Magang industri pada PT. Media Sarana Data (Gmedia) dimulai pada tanggal 3/10/2022. Kegiatan magang industri ini telah dilaksanakan selama 4 bulan lebih. Oleh karena itu, dilakukan penarikan sebagai tanda bahwa kegiatan magang telah selesai.

Penarikan dilaksanakan pada hari Jum’at, 10/2/2023 pukul 13:00, dengan dihadiri oleh manager HRGA Sukmo Aji, Kaprodi PSTI Unisa Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs, dan juga Dosen pembimbing lapangan Danur Wijayanto, S.Kom., M.Cs. serta 6 mahasiswa peserta magang industri. Dalam agenda ini 1 mahasiswa yaitu Yoginda Putri Bektiningsih berhalangan hadir dikarenakan sedang berduka.

“Hari ini resmi 7 orang mahasiswa kami Tarik kembali ke kampus untuk menyelesaikan kewajibannya, semoga ilmu yang mereka dapat di Gmedia dapat diterapkan kembali di pekerjaan mendatang dan kami memohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan” kata Zahra.

Pada kesempatan yang sama manager HRGA, Sukmo Aji menyampaikan harapan untuk para mahasiswa dapat mengambil manfaat dari program ini dan mendapatkan pengalaman agar dapat digunakan didunia kerja.

“Kami berharap tidak hanya sampai disini saja, harapan kami keluar dari sini dan masuk kesini menjadi tim yang hebat. Apabila dalam proses belajar ini ada yang kurang baik dalam proses pembelajarannya mohon dimaklumi” jelas Sukmo dalam sambutannya.

Dari ulasan ini PSTI Unisa Yogyakarta membuktikan telah mampu melaksanakan magang industri dengan sangat baik. Program ini dapat meningkatkan hubungan yang baik antara PSTI UNISA Yogyakarta dengan PT. Media Sarana Data (Gmedia). Acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama serta pemberian kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *