SELESAIKAN SATU SEMESTER, PSTI UNISA YOGYAKARTA LAKUKAN PELEPASAN DAN PENARIKAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) telah sukses menggelar kegiatan pertukaran mahasiswa yang dilaksanakan selama satu semester, yakni sejak tanggal 3/10/2023 dan ditutup pada tanggal 14/02/2023, kemarin.

Program pertukaran mahasiswa merdeka merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Permendikbud No.3 Tahun 2020 pasal 15 ayat 1 menyebutkan ada delapan program BKP yakni : 1). Pertukaran Mahasiswa, 2). Magang/Praktik Kerja, 3). Asistensi Mengajar, 4). Penelitian/Riset, 5). Proyek Kemanusiaan, 6). Kegiatan Wirausaha, 7). Studi/Proyek Independen dan 8). KKN Tematik. Proyek independen berlangsung selama 1 semester dengan bobot konversi mata kuliah 20 SKS.

Kegiatan penarikan dan pelepasan pertukaran mahasiswa diawali dengan kegiatan pameran projek hasil karya mahasiswa MBKM. Projek ini merupakan gabungan dari beberapa mata kuliah yakni manajemen proyek teknologi informasi, sistem informasi rumah sakit, pemrograman web, dan arsitektur enterprise.

Pada sesi sambutan, Kaprodi PSTI UNISA Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom menyampaikan rasa syukur dan senang karena kegiatan pertukaran mahasiswa dari UNISA dapat berjalan dengan baik dan lancar. Zahra berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama Kaprodi TI UMPO Adi Fajaryanto Cobantoro, S.Kom.,M.Kom menyampaikan harapan untuk para mahasiswa dapat mengambil manfaat dari program ini dan pengalaman itu lebih diutamakan dari matakuliah, karena pengalaman itu kita tidak dapat memperolehnya ketika sudah lulus karena sudah beda jalan pikirannya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan juga foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *