Science Tech Day 3 ; PSTI Unisa Mengadakan Workshop “Membuat Aplikasi Android Menggunakan App Inventor”

Science Tech Day 3 terus berlanjut, setelah mengadakan workshop “Laravel Framework” di ruang CBT Unisa Yogyakarta pada hari Rabu, 18 Desember 2019 yang diikuti 42 orang guru SMK TI se-DIY, Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas `Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) mengawali tahun 2020 dengan mengadakan workshop “Membuat Aplikasi Android Menggunakan App Inventor”, yang merupakan program lanjutan dari workshop sebelumnya.

App Inventor merupakan sebuah aplikasi open-source yang tersedia dalam versi web dan offline. AppInventor awalnya disediakan oleh Google, dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

App Inventor memungkinkan pengguna untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android tanpa coding, karena App Inventor menggunakan antarmuka grafis yang memungkinkan pengguna men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android.

Adanya workshop ini diharapkan mampu menumbuhkan minat para siswa siswi SMU/SMK untuk melakukan eksplorasi dan mengembangkan aplikasi berbasis Android karena menurut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unisa, Hapsari Wahyuningsih, ST, M.Sc, teknologi informasi menjadi salah satu segmen yang selalu berkembang “Sehingga diperlukan talenta-talenta muda yang mampu membuat aplikasi yang bagus dan berkualitas”.

Guna memfasilitasi minat dan perkembangan teknologi, Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas `Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) mengadakan workshop pembuatan aplikasi Android dengan App Inventor, yang merupakan salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *