Kuliah Umum PSTI “Kuliah Online Tetap Asyik”

Program Studi Teknologi Informasi Unisa menggelar kuliah umum yang bertajuk ” Kuliah Online Tetap Asyik”. Pada Kuliah umum tersebut, PSTI Unisa menghadirkan pemateri seorang Dosen Ilmu Komputer Unila yaitu bapak Dr. (can) Rangga Firdaus, M.kom.

Kuliah umum yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Oktober 2020 tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa PSTI Unisa dan dilakukan secara daring via aplikasi zoom.

Pada kuliah umum tersebut Dr. (can) Rangga Firdaus menyampaikan bahwa mahasiswa tetap harus bersemangat dan menjalani kuliah dengan senang hati walaupun dilakukan secara daring.

Semua elemen kampus seperti dosen, karyawan, dan mahasiswa harus berintegrasi untuk menghadapi kenyataan dan tantangan di masa pandemi ini agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.

Dr. (can) Rangga Firdaus, M.Kom. juga menyampaikan beberapa kenyataan dan tantangan di masa sekarang:

    • Belajar jarak jauh menjadi satu-satunya yang harus diadopsi
    • Pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi, dan internet adalah sebuah keniscayaan
    • Peserta didik milenial relatif telah siap, guru tidak ada pilihan lain selain harus belajar beradaptasi
    • Kuncinya adalah motivasi diri (tanggung jawab moral) dan kemampuan (kompetensi)
    • Caranya adalah belajar sambil melakukan (learning by doing)
    • Belajarnya dari orang lain dengan memanfaatkan dunia siber (youtube, google, internet, media sosial, dan lain sebagainya)

Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa tetap bersemangat mengikuti perkuliahan walaupun harus dilakukan secara daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *