Hal-Hal Yang Dapat Memperlambat Kecepatan Website WordPress Anda

Jika anda menggunakan CMS wordpress dalam mengelola website anda, maka anda perlu tahu hal-hal yang dapat memperlambat kinerja website anda karena hal tersebut dapat mempengaruhi performa dan rating website yang seedang anda kelola.

Anda dapat menggunakan tools untuk mengecek kecepatan website Anda seperti GTmetrix dan PageSpeed Insights, Tools tersebut biasanya akan memberitahu Anda apa saja hal-hal yang sebaiknya Anda perbaiki.

Memang biasanya tools tadi menggunakan bahasa-bahasa teknis yang mungkin tidak semua orang awam mengerti. Tetapi mengerti hal-hal tersebut dapat membantu Anda untuk melakukan improvisasi pada website Anda.

Berikut adalah hal-hal yang umumnya dapat memperlambat waktu loading situs Anda:

  • Web Hosting – Jika hosting Anda tidak dikonfigurasi dengan benar, ini dapat mempengaruhi waktu loading website Anda.
  • Konfigurasi WordPress – Jika website WordPress Anda tidak menyajikan halaman yang sudah di-cache, ini akan menyebabkan overloading pada server Anda sehingga website Anda akan menjadi lambat atau bahkan crash.
  • Ukuran halaman – Yang paling mempengaruhi ukuran halaman sebuah web adalah gambar. Sehingga pastikan bahwa ukuran gambar Anda tidak terlalu besar.
  • Plugin yang buruk – Jika Anda menggunakan plugin yang dikode dengan buruk, itu akan memperlambat kerja website Anda
  • External scripts – External scripts seperti ads, fonts loaders, dan sebagainya juga dapat memiliki impact yang cukup besar terhadap performa kerja website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *