Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Website Anda?

Ada banyak orang yang sering merasa bahwa website mereka baik-baik saja karena mereka tidak merasa bahwa website mereka lambat ketika dibuka dari device milik mereka sendiri. Padahal hal itu tidak dapat dijadikan patokan.

Jika Anda sering mengunjungi website Anda sendiri, browser modern seperti Chrome sudah menyimpan data-data website Anda di cache mereka dan akan secara otomatis mengambil data dari folder tersebut untuk memastikan bahwa website Anda akan langsung tersajikan saat Anda menekan tombol enter.

Tetapi itu belum tentu terjadi pada orang-orang yang baru mengunjungi website Anda untuk pertama kalinya. Malah sebenarnya, kemungkinan besar pengunjung yang mengakses website Anda dari daerah yang berbeda memiliki pengalaman yang sangat berbeda saat mereka mengunjungi website Anda.

Inilah mengapa Anda disarankan untuk mengecek kecepatan website Anda dengan menggunakan pagespeed insight atau berbagai tools untuk memerika kecepatan website lainnya. Dengan tools-tools ini Anda dapat mengecek kecepatan website Anda dari lokasi yang berbeda-beda.

Waktu loading website yang tergolong cepat adalah dibawah 2 detik. Tetapi jika Anda bisa membuatnya menjadi lebih cepat dari itu, tentu akan semakin bagus untuk situs Anda.

Berikut Tools yang sering digunakan untuk mengecek kecepatan sebuah website:

Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insight adalah layanan gratis dari Google yang di tujukan buat pengguna website untuk mengetahui, dan mengukur kinerja sekaligus mengukur kecepatan sebuah website jika di akses dari perangkat seluler maupun perangkat desktop.

Url : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights

GTMetrix

GTmetrix merupakan salah satu tool gratis untuk mengecek kecepatan loading sebuah website saat dibuka. Fitur yang dapat ditemukan di GTMetrix antara lain :

  • Track History with Graphs
  • Analyze on an actual Android device
  • Test from Multiple Regions
  • Playback Page Loads with Videos
  • Set up Monitored Alerts
  • Save Report Data
  • Dan fitur lainnya.

Url : https://gtmetrix.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *