Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa IT Yang Harus Kalian Coba

Kuliah merupakan masa di mana kamu tidak mempunyai banyak waktu bersantai, karena dengan menjadi mahasiswa, seharusnya kamu sudah menjadi “ahlinya” para siswa. Ini berarti, kamu sudah bisa mengatur waktumu sendiri dan kamu juga bisa mulai mencari cara untuk mendapatkan sumber pendapatan dalam sempitnya free-time yang dimiliki.

Selain menjadi sarana membangun relasi, dunia perkuliahan juga bisa kamu gunakan sebagai sarana mengembangkan diri. Mulai dari berpikir lebih kritis, kreatif hingga berpikir out of the box. Agar masa perkuliahanmu tidak menjadi sia-sia dengan hanya menghabiskan waktu di kampus, kamu boleh mencoba beberapa jenis bisnis untuk mahasiswa it berikut untuk mencari peruntungan yang mungkin akan membangun karirmu juga di masa depan.

1. Jasa ketik dan print tugas kuliah

Tugas kuliah erat kaitannya dengan tulis menulis. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa ketik dan print tugas kuliah. Selain membantu orang lain, bisnis untuk mahasiswa ini juga bisa membantumu membiasakan mengetik kata dengan jumlah banyak. Tapi, jangan lupa kerjakan tugasmu juga, ya!

2. Servis laptop/komputer

Masalah laptop atau komputer error akan sering dialami oleh mahasiswa, dan tidak semua orang memahami bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik mereka. Ini adalah salah satu kesempatan yang bisa kamu ambil jika kamu memahami seluk beluk komputer atau laptop. Tak hanya menangani masalah software, kamu juga bisa mempelajari bagaimana menangani masalah pada hardware agar ketika kamu mengalaminya, kamu sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

3. Desain grafis

Kalau kamu mampu dan suka membuat desain dengan gaya tertentu, bisnis untuk mahasiswa yang satu ini wajib kamu coba. Bukalah jasa desain grafis dengan harga terjangkau yang bisa menggaet teman-teman di kampusmu. Tapi, pastikan kamu sudah mempunyai alat yang mumpuni, seperti laptop, komputer, atau tablet, ya! Setelah itu, buat juga akun media sosial atau website untuk mempromosikan hasil karyamu agar semakin banyak orang yang mendapat awareness akan bisnismu ini.

4. Online web programmer

Kalau kamu tertarik dengan web programming, ide ini adalah pilihan yang cocok. Terlebih lagi, jika programming adalah salah satu hobi yang ingin kamu tekuni. Ide bisnis ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar berbisnis atau sekadar menambah uang jajan.

5. Jasa pembuatan website

Tak kalah penting, bisnis ini juga membutuhkan komitmen yang lumayan besar. Apalagi, jika kamu mendapat pesanan dari brand yang sedang dalam tahap pengembangan. Website yang optimal merupakan salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis.

5. Jasa pembuatan aplikasi android

Pengguna smartphone dari masa ke masa semakin meningkat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Tentunya banyak sektor-sektor bisnis yang mulai menggunakan sistem online dalam proses bisnisnya. Hal ini menjadi peluang bagi kalian mahasiswa TI untuk menawarkan jasa pembuatan aplikasi android untuk kelancaran proses bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *