Apa itu LiteSpeed Web Server?

LiteSpeed saat ini menjadi web server yang cukup dipertimbangkan menjadi komponen untuk membangun situs web. Kinerja yang handal dan fitur-fitur LiteSpeed yang lengkap membuatnya dapat bersaing dengan Apache yang sudah hampir digunakan lebih dari 4 juta pengguna. Bahkan, LiteSpeed dapat bekerja beberapa kali lebih cepat dibandingkan Apache. Apa itu LiteSpeed dan apa saja fitur-fitur dan keunggulan LiteSpeed? Kita juga akan membahasnya pada artikel ini beserta perbandingan antara LiteSpeed Vs Apache.

Apa itu LiteSpeed Web Server?

LiteSpeed Web Server adalah server web yang mempunyai kinerja tinggi yang dikelola oleh teknologi LiteSpeed. Teknologi ini dapat menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada, bahkan tanpa harus merusak apapun.

Maka dari itu, LiteSpeed Web Server dapat dengan baik menambah kecepatan situs web dengan berbagai fitur yang lengkap serta dashboard administrasi webs yang mudah digunakan. LiteSpeed Web Server dapat membantu Anda untuk membangun infrastruktur situs web yang efektif dan handal.

Manfaat LiteSpeed untuk Pengembangan Website

Litespeed menjadi pesaing Apache dan dapat menjadi pengganti Apache yang sama-sama berfungsi sebagai web server. Web server sangat berguna dan penting untuk menjalankan situs web, karena tanpa web server, situs web tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dilihat dari penjelasan apa itu LiteSpeed dan fitur-fitur LiteSpeed, berikut ini beberapa manfaat LiteSpeed untuk pengembangan situs web.

  • Mempercepat Performa Website

Adanya beberapa fitur seperti gzip compressionconcurrent connections, arsitektur event-driven yang dikembangkan oleh LiteSpeed membuat web server ini dapat bekerja lebih cepat dibandingkan dengan web server lain seperti Apache.

Kompresi gzip berguna untuk mengecilkan ukuran file sebelum dikirimkan ke browser. Jika tidak menggunakan fitur ini, maka file yang berukuran besar akan dikirimkan ke browser apa adanya tanpa melewati proses kompresi dulu. Ini tentu saja akan akan membutuhkan waktu yang lama, apalagi dengan bandwidth yang terbatas.

Sedangkan concurrent connections dan arsitektur event-driven membantu LiteSpeed dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat berjalan maksimal dan efektif.

  • Mengamankan Website

LiteSpeed mengembangkan proteksi sistem keamanan terhadap DDOS menggunakan pembatasan bandwidth. Pada LiteSpeed, IP yang menggunakan terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwidth diblokir, menghentikan penyerang sebelum masuk ke dalam sistem server.

Selain itu LiteSpeed juga mengamankan  wp-login.php dari serangan brute force menggunakan sistem proteksi yang sudah dibangun di dalam WordPress. LiteSpeed mengamankan WordPress dari serangan brute force yang cukup masih yang biasanya menyerang wp-login.php atau halaman xmlrpc.php melalui POST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *