3 Tools untuk Cek Kecepatan Website Anda

1. Google PageSpeed Insight

google pagespeed insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO. Pada tahun yang sama Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

2. Google Mobile Website Speed Testing Tool

tools cek kecepatan google

Menurut Google, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan website yang tidak mobile friendly. Atas dasar tersebut, Google merilis Google Mobile Website Speed Testing Tool. Tool ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight, tetapi lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool juga menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Anda bisa mendapatkan laporan kecepatan website melalui email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster.

3. GTMetrix

gtmetrix

Selain Pingdom, GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis kecepatan website yang layak Anda gunakan. Cara penggunaannya yang mudah dan gratis cocok untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *