Jetpack: Plugin WordPress yang Satu Ini Fiturnya Mantap

Apa itu Jetpack?

Jetpack adalah plugin WordPress yang menyediakan berbagai macam fitur. Fitur-fitur ini disebut modul. Anda bebas memilih modul yang ingin Anda aktifkan.

Jetpack WordPress adalah plugin ini dikembangkan oleh Auttomatic, yaitu perusahaan yang membuat WordPress.com. Inilah mengapa Jetpack cukup populer di kalangan pengguna WordPress.

Jetpack bisa diinstall dan diaktivasi secara gratis. Selain itu, banyak juga modul Jetpack WordPress yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma. 

Jika Anda tertarik untuk menikmati lebih banyak modul – dengan berbagai fitur tambahan, Anda dapat berlangganan ke paket premium Jetpack.

Apa Saja Fitur-Fitur Jetpack? 

Di bawah, kami akan menjelaskan beberapa modul yang bisa Anda gunakan secara gratis di Jetpack. Setiap modul dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu antara meningkatkan keamanan, optimasi performa, atau mengatur penampilan.

Meningkatkan Keamanan Website

modul security di jetpack

Jetpack WordPress menyediakan opsi untuk membuat website Anda menjadi semakin aman. Berikut adalah daftar modul keamanan yang bisa Anda gunakan secara gratis:

  • Downtime monitoring – Modul ini akan mengirimkan notifikasi via email jika website Anda offline/mengalami downtime.
  • Brute force protection – Modul ini menghindarkan website Anda dari resiko brute force attackSehingga, bot dan hacker akan kesulitan untuk menjebol dashboard website Anda. 
  • Auto-update plugins – Salah satu langkah untuk membuat website Anda lebih aman adalah dengan memastikan plugin Anda selalu diperbarui. Sesuai dengan namanya, modul ini akan membantu Anda melakukan auto-update plugin.
  • WordPress.com login – Ingin menambah lapisan keamanan pada website Anda? Anda bisa mengaktifkan penggunaan login dengan akun WordPress.com.

Fitur-fitur keamanan yang ditawarkan memang bersifat dasar. Tapi, untuk ukuran plugin gratis, Jetpack mampu memberikan keamanan yang cukup baik. Khususnya bagi website pemula.

Ingin meningkatkan performa website Anda? Tenang, Jetpack punya beberapa modul gratis untuk mengoptimalkan kecepatan website:

  • Site accelerator – Modul ini dapat meningkatkan kecepatan loading website Anda dengan mengoptimasi proses loading gambar dan file statis (seperti HTML, CSS, dan JavaScript).
  • Lazy-loading images – Dengan modul ini, pengunjung hanya perlu loading elemen website yang tampil di permukaan. Sehingga proses loadingnya bisa lebih cepat dan memakan lebih sedikit memori.

Di dalam dashboard pengaturan Jetpack (tepatnya di tab Writing), ada beberapa modul yang dapat membantu Anda mengatur tampilan dan penerbitan konten. Berikut di antaranya:

  • Content composing – Modul ini memiliki beberapa fungsi. Mulai dari menyalin postingan atau halaman, hingga menggunakan shortcode untuk embed media dari website lain.
  • Custom content types – Dengan modul ini, Anda bisa membuat testimonial dan portfolio dengan bantuan shortcode.
  • Infinite scroll –  Modul ini memungkinkan pengunjung website untuk membuka konten-konten website Anda dengan melakukan scrolling. Fitur ini sangat bagus untuk website dengan jumlah postingan yang banyak (seperti blog).
  • Widgets – Anda dapat menggunakan widget-widget tambahan, seperti social icons, blog stats, hingga Google Translate.
  • Post by email – Modul ini memungkinkan Anda untuk posting konten via email. 
  • Create full screen carousel slideshow –  Anda bisa menampilkan gambar dalam bentuk carousel yang bisa dilihat secara full screen. Fitur ini dapat mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan konten Anda, khususnya pengguna mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *