Tema Rapat   : FGD perumusan kebutuhan kerjasama dengan asosiasi dan kebutuhan bidang kerja dan stateholder bersama mitra dan calon stateholder sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan sesuai abad 21.

Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) Bersama mitra dan calon stateholder yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 secara hybrid di Hotel Grand Rohan Jogja dan melalui media Zoom Cloud Meetings pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WIB. Pokok pembahasan pada diskusi ini berfungsi sebagai wadah diskusi terkait topik visi, misi, program dan kurikulum serta student outcome.

Kurikulum memiliki tujuan memeratakan pendidikan dalam suatu negara sesuai dengan standar yang sesuai antara tujuan dan kemampuan tenaga pengajar serta mendidik mahasiswa agar menjadi pribadi yang cerdas, berpengetahuan tinggi, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab, Tanpa adanya kurikulum maka proses belajar mengajar akan tidak terstruktur dan terarah.

Pada diskusi kali ini, Prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta mengundang beberapa tokoh pada bidang Kesehatan dari beberapa instansi Kesehatan yang ada di Kebumen, Jogja, Sleman dan Bantul. Ismail Setia Budi, S.Sos.I selaku KaSie Diklat RSU PKU Muhammadiyah Bantul, Syahrizal Ardhiyand Hidayat selaku perwakilan dokter dan pengelola sistem informasi RS Asri Medical Center Muhammadiyah, Sjamsul Arifin selaku perwakilan IT dari RS Sarjito Yogyakarta. Instunsi dinas Kesehatan dihadiri oleh Moc Sofyan selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Bantul, dan Yani selaku perwakilan dari Kominfo Bantul, juga perwakilan dari mitra lain yang hadir pada media Zoom Cloud Meetings.

Forum Grub Diskusi ini merupakan salah satu usaha prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta untuk melakukan evaluasi dan pengaruh baik bagi prodi khususnya dalam penetapan dan pengembangan kurikulum.  Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs menyampaikan bahwa harapan yang besar agar kurikulum Prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta dapat meningkat lebih baik kedepannya. Mengingat prodi Teknologi Informasi merupakan prodi merupakan salah satu bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Syahrizal Ardhiyand Hidayat selaku perwakilan dokter dan pengelola sistem informasi RS Asri Medical Center Muhammadiyah menyampaikan bahwa mahasiswa harus mampu mengakomodir kebutuhan pengguna dan diarahkan untuk terjun langsung dalam kegiatan IT di RS atau biasa disebut dengan praktik lapangan yang dilakukan di Rumah Sakit.

Agung Widiyatmaka, S.Si.,M.Kom selaku perwakilan dari Kominfo Kebumen menyampaikan bahwa kurikulum yang telah disusun oleh prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta sudah cukup baik, namun dengan tambahan pembelajaran tambahan dengan fokus pada audit dan sistem administrator.

Mitra lain juga menanggapi kurikulum dengan beberapa poin catatan beberapa diantaranya yakni pentingnya integrasi data di sistem informasi, keamanan data, teamwork dan memberikan bekal kemampuan dalam menyesuaikan kebutuhan sesuai perkembangan zaman.

Besar harapan Prodi S1 Teknologi Informasi dan mitra  agar Workshop Peninjauan Kurikulum yang dilakukan dapat menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat, serta mampu bekerjasama yang baik untuk saling bersinergi saat ini dan masa depan.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!