Pendampingan rancangan kurikulum oleh advisory board (dewan penasehat) dan pendampingan RPS | Sesi II : 10 Agustus 2022

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan kegiatan Pendampingan Rancangan Kurikulum/ RPS yang di dampingi oleh praktisi dibidang TI dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB di Hotel Grand Rohan Jogja.

Pendampingan rancangan kurikulum oleh advisory board oleh Yoyok selaku IT Cyber Security Administrator dari BSSN. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan instansi pemerintah Republik Indonesia yang bergerak di bidang Keamanan Informasi dan Keamanan Siber. BSSN dipimpin oleh Kepala Badan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia.

Pentingnya kegiatan ini dalam Perguruan Tinggi khususnya Program Studi harus mampu menyusun dan mengimplementasikan kurikulum yang dapat menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan dengan dunia industri serta kebutuhan inovasi. Mewadahi hal tersebut menggunakan pendekatan berupa Kegiatan ini untuk melakukan pendampingan oleh praktisi guna menunjang tersusunnya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, ranah, dan perkembangan yang ada di dunia kerja ucap Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs.

Yoyok selaku IT Cyber Security Administrator dari BSSN menyampaikan bahwa kurikulum yang telah disusun oleh prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta sudah cukup baik, terlebih terdapat matakuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah pendamping IT, tetapi masih perlu ditambahkan terkait monitoring jaringan, analisis jaringan, traffic jaringan hingga database-database.

Beliau juga menyampaikan beberapa poin pesan yang bisa disampaikan oleh mahasiswa maupun materi pembelajaran yang bisa ditambahkan untuk diajarkan. Pada bangku perkuliahan mahasiswa minimal mahir dalam satu Bahasa pemrograman sebagai bekal masuk pada dunia kerja sebagai seorang programmer ujar Yoyok pada saat sesi diskusi.

Besar harapan Prodi S1 Teknologi Informasi Workshop Peninjauan Kurikulum yang dilakukan dapat menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat. Sehingga menghasilkan lulusan yang ahli dan mahir dalam dunia kerja di bidang teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *