Pandemi Covid-19 telah menyebar di seluruh dunia selama 2 tahun lamanya. Masyarakat dunia dibuat geger oleh penyebaran virus Covid-19 ini, virus ini memberikan dampak buruk pada kehidupan salah satunya pada sektor ekonomi yang mengakibatkan kehidupan ekonomi global menjadi terpuruk. Lantas, bagaimana dengan kondisi perekonomian Indonesia?. Kepala BPS masa jabatan 2015-2021, Suhariyanto mengatakan bahwa tidak ada negara yang kebal dengan serangan pandemi covid-19. Jadi pandemi ini tidak mengenal negara maju atau pun negara berkembang yang semuanya pasti merasakan dampaknya. Pandemi Covid-19  membuat perekonomian Indonesia terpukul. Semua indikator yang mempresentasikan kondisi ekonomi, baik itu dari ilmu ekonomi makro atau pun mikro anjlok. Salah satu sektor ekonomi yang paling signifikan merasakan dampak dari pandemi ini adalah masyarakat kecil dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Pasalnya, menurunnya kemampuan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan usaha masyarakat kecil dan UMKM.  

Melihat masyarakat dan pelaku UMKM yang memiliki peran penting dalam pergerakan proses pemulihan ekonomi, pemerintah pastinya memberikan beberapa kemudahan. Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah berbentuk kebijakan fiskal maupun kebijakan moneter. Salah satu cara pemerintah dalam membantu masyarakat dan pelaku UMKM yaitu melalui Bank Wakaf Mikro atau BWM. Pada dasarnya lembaga keuangan ini terbentuk pada tahun 2017 yang diinisiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada OJK. Tujuan didirikannya BWM ini yaitu untuk menumbuhkan ekosistem keuangan yang berasas syariah. Selain itu tujuan lainnya yaitu untuk membasmi para rentenir yang merisaukan masyarakat dengan cara menagih dan sistem utang yang menyulitkan masyarakat. Bank Wakaf Mikro Sakinah (UNISA) merupakah salah satu BWM yang sudah berdiri di Indonesia.

Bank Wakaf Mikro (BWM) Sakinah Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yang bertempat di Kampus Pusat Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta di Jalan Siliwangi (Ring Road Barat) No 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592. Pendirian Bank Wakaf ini bertujuan untuk mengembangkan keuangan syariah dalam pemberdayaan ekonomi perempuan, melalui skema pembiayaan Bank Wakaf Mikro (BWM) usaha-usaha mikro kecil yang ada di sekitar wilayah Universitas ‘Aisyiyah dapat lebih berkembang dan memberikan tambahan penghasilan sehingga ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah memiliki 300 orang calon nasabah dan 25 orang nasabah yang telah lulus Pelatihan Wajib Kelompok (PWK). Pemasaran yang dilakukan nasabah bank wakaf masih menggunakan metode pemasaran langsung atau offline. Sehingga masyarakat yang mendapat sosialisasi dari nasabah bank wakaf masih sedikit dan dalam cakupan yang kecil.

Oleh karena itu, kami dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi S1 Teknologi Informasi melakukan kegiatan untuk mengembangkan metode promosi Bank Wakaf Mikro melalui video company profile. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Teknologi Informasi yaitu Tikaridha Hardiani, S.Kom, M.Eng dan Esi Putri Silmina, S.T., M.Cs serta melibatkan beberapa mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi semester 4. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu kurang  6 bulan yaitu dari Bulan Maret sampai Agustus 2022.

Proses pembuatan video ini dilakukan dengan melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama yaitu proses analisis kebutuhan dengan melakukan wawancara langsung ke pihak BWM Sakinah (UNISA). Setelah mendapatkan informasi, maka dari tim melanjutkan dengan pembuatan story board dan konsep video. Kemudian proses pengambilan gambar dan video yang meliputi kegiatan antara petugas dengan nasabah serta ketika para petugas sedang melakukan diskusi. Selain itu, kami juga melakukan perekaman langsung di rumah warga yang menjadi nasabah di BWM tersebut. Setelah itu masuk ke tahap editing video. Di dalam tahap ini juga termasuk di dalamnya terdapat evaluasi video dari pihak BWM dan finalisasi video. Tahap akhir dari proses pembuatan video ini yaitu proses penyerahan video dan sosialisasi pemanfaatanya dalam promosi di media social untuk pengembangan BWM Sakinah (UNISA). Hasil kegiatan ini berupa video company profile sebagai inovasi media promosi BWM untuk menggandeng mitra. Sehingga diharapkan nantinya semakin banyak mitra yang bergabung ke dalam Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!