Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan pendampingan rancangan kurikulum terhadap penyusunan perangkat pembelajaran (RPS, instrumen penilaian dan evaluasi mata kuliah) dan ekuivalensi MK dengan asosiasi yang di dampingi oleh tenaga ahli kurikulum Asosiasi Program Studi Informatika Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah Indonesia (APSI PTMA). Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada hari Senin, 15 Agustus 2022 pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB di Hotel Ros In Jogja.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan Program Studi pada sebuah Lembaga atau Universitas harus mampu menyusun dan mengimplementasikan kurikulum yang dapat menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan dengan dunia industri serta kebutuhan inovasi, untuk mewadahi hal tersebut menggunakan pendekatan berupa kegiatan ini. Kegiatan yang didampingi oleh ahli kurikulum ini guna menunjang tersusunnya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, ranah, dan perkembangan yang ada di dunia kerja ucap Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Sri Winiarti, S.T., M.Cs. selaku Tenaga Ahli Kurikulum Asosiasi Program Studi Informatika Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah Indonesia (APSI-PTMA) mengarahkan dan memberikan bimbingan terhadap perhitungan kurikulum serta pengarahan terhadap mata kuliah yang sesuai untuk kurikulum yang baru agar memenuhi standar yang ada. Beliau memberikan beberapa masukan dan tips untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa lulus tepat waktu sesuai dengan target. Penyampaian aturan dijabarkan serta dijelaskan oleh beliau guna memberikan pemahaman kepada tim penyusun kurikulum baru.

Beliau juga menyampaikan ada sedikit perubahan untuk memperbaiki beberapa bagian kurikulum yang telah disusun. Pengecekan kembali dan peninjauan ulang perlu dilakukan untuk memastikan kurikulum yang disusun sudah sesuai.

Harapan Prodi S1 Teknologi Informasi dengan melaksanakan kegiatan ini dibantu oleh ahli kurikulum menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat, serta prodi Teknologi Informasi mampu menciptakan lulusan yang kompten dan memiliki kemampuan baik dalam dunia kerja.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!