Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan Workshop dan Pendampingan Rancangan Kurikulum/ RPS yang di dampingi oleh beberapa praktisi dibidang TI. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid pada Rabu, 10 Agustus 2022 pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB di Hotel Grand Rohan Jogja.

Pentingnya kegiatan ini adalah Perguruan Tinggi khususnya Program Studi harus mampu menyusun dan mengimplementasikan kurikulum yang dapat menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan dengan dunia industry serta kebutuhan inovasi, untuk mewadahi hal tersebut menggunakan pendekatan berupa Workshop ini untuk melakukan pendampingan oleh praktisi guna menunjang tersusunnya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, ranah, dan perkembangan yang ada di dunia kerja ucap Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta.

Praktiktisi yang hadir secara offline Budiyanto, S.Kom., M.M. selaku praktisi Jaringan dari GMedia dan Novan Hartadi, S.T., M.Sc. selaku praktisi Data Sains dari Datains serta praktisi yang hadir pada  media Zoom Cloud Meetings Ahmad Firdaus, S.Kom. selaku praktisi Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan CEO eComindo.

Praktisi-praktisi dari berbagi bagian IT menekankan terkait konsep dan fokus dari TI tentang Artificial Inteligent (AI). Titik temu pemahaman dari praktisi dan Prodi TI sudah sesuai dengan konsep yang disusun pada kurikulum  misalkan membuat aplikasi yang aman dengan menerapkan AI.

Ahmad Firdaus, S.Kom. selaku praktisi Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan CEO eComindo menyampaikan beberapa pokok poin bahasan beberapa diantaranya adalah penguatan dasar/fundamental pengetahuan dan keilmuan AI maupun software engineering, memberikan fokus materi perbedaan AI di berbagai bidang, dan penambahan pemahaman terkait IOT. Harapannya lulusan Prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogya mampu membuat model yang inovatif sesuai dengan ilmu AI sesuai dengan kebutuhan ujarnya.

Novan Hartadi, S.T., M.Sc. selaku praktisi Data Sains dari Datains menyampaikan bahwa kurikulum yang telah disusun oleh prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta fokus jelas antara software engineer dengan AI yang bisa diterapkan dan diajarkan dengan alur yang jelas. Beliau juga menyampaikan terkait mahasiswa diberikan pemahaman model AI yang sudah ada kemudian melakukan perbandingan model AI yang sudah ada sebelumnya sebagai langkah pengenalan dan pembelajaran.

Budiyanto, S.Kom., M.M. selaku praktisi Jaringan dari GMedia menyampaikan bahwa kurikulum yang telah disusun oleh prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta sudah cukup sesuai dengan bidang jaringan, namun dengan tambahan melakukan Implementasi AI di data dan jaringan disampaikan melalui materi kemudian praktik langsung dengan alat untuk proses pengembangan jaringan dengan AI.

Harapan Prodi S1 Teknologi Informasi dengan melaksanakan Workshop ini dengan ditinjau beberapa praktisi menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat, serta mampu bekerjasama yang baik untuk saling bersinergi saat ini dan masa depan.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!