Tema: Seminar Kurikulum OBE dan MBKM dengan mitra Perguruan Tinggi.

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan Seminar Kurikulum OBE dan MBKM dalam rancangan kurikulum terhadap penyusunan perangkat pembelajaran (RPS, instrumen penilaian dan evaluasi mata kuliah) dengan asosiasi yang di dampingi oleh mitra Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada hari Jumat, 19 Agustus 2022 pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB di Hotel Grand Rohan Jogja.

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja yang disebut dengan MBKM atau kampus merdeka. Kurikulum OBE MBKM merupakan kurikulum pembelajaran dengan luaran yang sudah terimplementasi dengan kegiatan MBKM. Sehubungan dengan itu Prodi Teknologi Informasi Unisa Yogya berinisiatif untuk Menyusun dan merumuskan kurikulum Center of Excellence (COE) yang akan menjadi unggulan di masing-masing Program Studi.  

Seminar ini dihadiri oleh mitra perguruan tinggi perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Galih Wasis Wicaksana, S.Kom., M.Cs. fokus pada Informatika yang dipandu dan didampingi oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Hapsari Wahyuningsih, S.T., M.Sc. dan Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (BPTSI) Basit Adi Prabowo S.Kom.

Penyampaian kurikulum oleh PSTI dan juga kurikulum oleh mitra Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) disampaikan guna memberikan gambaran dan sharing terkait kurikulum yang digunakan dan akan disusun untuk kurikulum baru selanjutnya. Penjabaran, penerapan dan pengukuran OBE dijabarkan oleh Galih Wasis Wicaksana, S.Kom., M.Cs barulah pihak prodi menerapkan, menyesuaikan dan mencocokkan dengan kurikulum yang telah disusun. Serta menyampaikan beberapa kajian seperti: a. Hubungan antara Kurikulum dengan OBE, b. Pembentukan Mata Kuliah dan Perhitungan bobot sks Mata Kuliah, c. Pemetaan Kurikulum, dan Penyusunan RPS Mata Kuliah. Hal ini dilakukan agar Prodi TI mampu menyusun dan mengembangkan kurikulum Pendidikan Tinggi dengan implementasi MBKM sesuai dengan SN-Dikti dengan paradigma OBE.

Beberapa kelengkapan dokumen dan surat-surat disampaikan oleh mitra untuk penunjang kurikulum OBE dan MBKM hingga pembahasan sedikit terkait akreditasi internasional. Sharing mitra dari UMM ini harapannya sebagai panduan Prodi TI untuk mengembangkan kurikulum serta menyiapkan hal-hal untuk kurikulum agar lebih baik lagi.

Hapsari Wahyuningsih, S.T., M.Sc selaku Dekan Fakultas Sains Teknologi dan Informasi sebagai naungan dari Prodi TI menyampaikan beberapa bahasan dan pertanyaan kepada mitra terkait regulasi atau ruang lingkup fakultas dalam mendukung dan memfasilitasi program studi Teknologi Informasi dalam Kurikulum OBE dan MBKM.

Prodi S1 Teknologi Informasi memiliki harapan besar dengan pelaksanaan kegiatan ini yang didampingi oleh mitra perguruan tinggi menjadikan prodi TI di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dalam mencapai visi misi yang telah dibuat. Sehingga Prodi mampu menciptakan lulusan yang kompeten serta memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan di dunia kerja.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!