Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan Pertemuan dengan Mitra Perguruan Tinggi guna melakukan Seminar atau Sharing Kurikulum OBE dan MBKM, rancangan kurikulum terhadap penyusunan perangkat pembelajaran (RPS, instrumen penilaian dan evaluasi mata kuliah). Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada hari Senin, 22 Agustus 2022 pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB di Hotel Grand Rohan Jogja.

Mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja yang disebut dengan MBKM atau kampus merdeka. Kurikulum OBE MBKM merupakan kurikulum pembelajaran dengan luaran yang sudah terimplementasi dengan kegiatan MBKM yang merupakan tujuan dari Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sehubungan dengan itu Prodi Teknologi Informasi Unisa Yogya berinisiatif untuk Menyusun dan merumuskan kurikulum Center of Excellence (COE) dan penyesuaiaan rancangan MBKM yang akan menjadi unggulan di masing-masing Program Studi. 

Kegiatan Sharing ini dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Nur Rochmah DPA, S.T., M.Kom. selaku kepala Program Studi Teknik Informatika serta dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Yogya termasuk Kepala Prodi Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs.

Fokus pembahasan dari seminar ini penyampaian kurikulum yang telah berjalan atau dijalankan di Prodi Informatika UAD. Nur Rochmah DPA, S.T., M.Kom. selaku kepala Program Studi Teknik Informatika menyampaikan beberapa point penting untuk COE dan MBKM. Beberapa diantaranya a) Data lulusan dari study tracer dibuat harus sesuai dengan pacuan CPL dan bahan kajian serta profil lulusan b) Visi dan Misi harus disesuaikan dengan universitas dan fakultas lalu buat keunikan dari program studi c) Fokus penelitian bisa dilakukan 3 poin yang dibagi berdasarkan mata kuliah dan CPL agar mahasiswa bisa fokus d) Setiap mata kuliah maksimal memiliki 3 CPL e) Pada Program MBKM, CPL juga diberikan kepada mahasiswa sebagai tugas dan bekal acuan untuk MBKM serta Monitoring untuk hasil CPL yang telah tercapai dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Point-poin yang disampaikan juga terkait strategi perhitungan, perencanaan, penempatan dan implementasi terhadap kurikulum, COE dan pelaksanaan MBKM. Tips dan Trik juga diberikan oleh beliau sebagai bahan referensi untuk tim penyusun kurikulum dalam merancang kurikulum yang baik dan sesuai dengan standar.

Harapan yang sangat besar dengan diadakannya sharing atau seminar Kurikulum OBE dan MBKM dengan mitra Perguruan Tinggi, Prodi Teknologi Informasi (UNISA) Yogya mampu memberikan pencerahan dan arahan guna penyusunan kurikulum yang sesuai untuk menciptakan bahan ajar yang baik sehingga menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!