Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) Bersama mitra dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Agustus 2022 secara offline di Hotel Grand Rohan Jogja pada pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Pokok pembahasan pada diskusi ini berfungsi sebagai wadah diskusi terkait topik visi, misi, program dan kurikulum serta student outcome.

Kurikulum adalah salah satuh elemen penting yang ada dalam sistem pendidikan dimana kurikulum sebagai arah dan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran atau pendidikan, terkhusus lembaga pendidikan formal, tanpa adanya kurikulum proses pendidikan tidak akan berjalan terarah dengan baik.

Forum diskusi kali ini, Prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta mengundang perwakilan dari Universitas Gajah Mada yang dihadiri oleh Ir. Noor Akhmad Setiawan, ST, MT, Ph.D., IPM. selaku dewan penasihat dan mitra PTN. Acara ini dihadiri juga oleh Hapsari Wahyuningsih, S.T., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dan Nosa Septiana Anindita, S.Pt., M.Biotech. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi serta dosen-dosen Teknologi Informasi UNISA Yogya.

Ir. Noor Akhmad Setiawan, ST, MT, Ph.D., IPM. selaku dewan penasihat kurikulum menyampaikan beberapa masukan penting terkait perumusan hingga penyusunan sebuah kurikulum yang sesuai dengan aturan yang ada. Beberapa poin yang harus diperhatikan Prodi Teknologi Informasi UNISA Yogya antara lain a) Kurikulum belum mendapatkan mapping/pemetaan antara CPL dengan PLO b) Poin keislaman belum muncul karena pada personalitas ada nilai-nilai islam berkemajuan c) Ada baiknya pada kolom profil lulusan deskripsi dikaitkan atau dituliskan untuk CP mana saja d) Berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks professional, sosial dan agama masuk kedalam KETERAMPILAN e) Profesional, fokus pada keyword: Kesehatan, securable artificial intelegent, problem solving, implementasi terhadap solusi dan masih beberapa masukan lainnya yang langsung tangani oleh tim kurikulum.

Beliau membimbing dan memberikan masukan dengan melakukan evaluasi terhadap kurikulum dimulai dari visi misi, mata kuliah, profil lulusan, hingga menentukan capaian pembelajaran demi tersusunnya kurikulum yang fokus pada visi dan misi yang saling terhubung antara pemerintah, universitas, fakultas dan program studi.

Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. selaku kepala Program Studi Teknologi Informasi berharap dengan adanya kegiatan pendampingan ini membawa dampak baik untuk prodi TI dalam menyusun kurikulum lebih baik lagi sebagai bahan ajar mahasiswa di semester yang akan datang.

Harapan Prodi S1 Teknologi Informasi dengan pendampingan dan sharing kegiatan ini didampingi oleh dewan penasehat kurikulum menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi yang telah dibuat, serta prodi Teknologi Informasi mampu menciptakan lulusan yang kompeten dan memiliki kemampuan baik dalam dunia kerja.

Apakah artikel ini bermanfaat? bagikan ke teman Anda!