Workshop Review Revisi Kurikulum dan Diskusi Akreditasi Internasional IABEE

Program Studi Teknologi Informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan workshop Bersama Praktisi Akademi yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 23 September 2022 secara offline di Gedung Siti Moendjijah, Ruang SM. 04.5.11 Univeristas ‘Aisyiyah Yogyakarta pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB. Pokok pembahasan pada diskusi ini melakukan review terhadap revisi kurikulum dan diskusi akreditasi Internasional IABEE. Kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah diskusi terkait fokus visi, misi, program dan kurikulum serta student outcome.

Salah satu elemen penting yang ada dalam sistem pendidikan sebagai arah dan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran atau pendidikan, terkhusus lembaga pendidikan formal yang disebut dengan Kurikulum. Berisi sekumpulan rencana, tujuan, dan materi pembelajaran. Jalan kesuksesan serta rencana pembelajaran akan tercatatan dan disusun pada kurikulum.

Outcomes Based Education (OBE) merupakan rujukan utama dari sebuah akreditasi internasional program studi. Fokus OBE sendiri kurikulum berbasis outcomes, strategi pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, serta penilaian pembelajaran yang berbasis capaian outcome (asesmen). Akreditasi IABEE memastikan program studi menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional untuk memasuki dunia profesi melalui proses pendidikan yang mengacu pada outcome mahasiswa.

Workshop Prodi S1 Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta ini mengundang Narasumber dari Fakultas Universitas Gajah Mada (UGM) yang hadir secara langsung Ir. Noor Akhmad Setiawan, ST, MT, Ph.D., IPM. Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Program Studi Teknologi Informasi Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. serta dosen-dosen Teknologi Informasi UNISA Yogya.

Ir. Noor Akhmad Setiawan, ST, MT, Ph.D., IPM. atau akrab disapa dengan Pak NAS ini memberikan masukan dan saran berdasarkan kurikulum yang sudah diperbarui berdasarkan revisi dan rencana tindak lanjut akreditasi. Beberapa poin pembahasan yang ditinjau yakni profil prodi harus disesuaikan dan sesuatu yang bisa diukur, melakukan pemetaan terhadap mata kuliah tiap semester serta beliau melakukan pendampingan terhadap penyusunan struktur kurikulum yang kurang sesuai dan kurang tepat.

Beliau menyatakan beberapa susunan kukikulum yang telah disusun kembali berdasarkan saran dan masukan oleh tim penyusun kurikulum Program Studi Teknologi Informasi sudah cukup baik.

Kepala Program Studi Teknologi Informasi Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs. sangat berharap dengan adanya kegiatan pendampingan ini mampu memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum Program Studi Teknologi Informasi sehingga akan menjadi pacuan agar lebih baik sebagai bahan ajar mahasiswa saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun pembelajaran.

Program Studi Teknologi Informasi berharap dengan adanya kegiatan workshop ini mampu memberikan arahan dan pendampingan dari tim praktisi akreditasi kurikulum sehingga menjadikan prodi S1 Teknologi Informasi di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta lebih baik dan mencapai visi misi yang telah ditetapkan serta mampu lolos dalam akreditasi internasional dengan nilai baik dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *