PSTI UNISA YOGYAKARTA MELAKSANAKAN DISEMINASI KEGIATAN STUDI INDEPENDEN DAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

PSTI UNISA Yogyakarta melaksanakan diseminasi laporan akhir kegiatan Studi Independen Bersertifikat (SIB) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). 4 Mahasiswa yang mengikuti program SIB yakni Al Bukhari Bin Riedho, Annas Abdulloh, Nurul Tazkiyah Adam, dan Naufal Cahyo Pradana D, sedangkan mahasiswa PMM diikuti oleh Wira Nata Negara.

Dalam Permendikbud No.3 Tahun 2020 pasal 15 ayat 1 menyebutkan ada delapan program BKP yakni : 1). Pertukaran Mahasiswa, 2). Magang/Praktik Kerja, 3). Asistensi Mengajar, 4). Penelitian/Riset, 5). Proyek Kemanusiaan, 6). Kegiatan Wirausaha, 7). Studi/Proyek Independen dan 8). KKN Tematik. Mahasiswa yang lolos seleksi dalam kegiatan ini berhak mendapat konversi matakuliah maksimal 20 SKS.

Kegiatan diseminasi ini dilaksanakan pada hari Jum’at (10/2). kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa serta dosen-dosen PSTI UNISA Yogyakarta baik secara daring maupun luring.

Diseminasi pertama dipaparkan oleh Nurul Tazkiyah Adam. Terhitung selama 4 bulan lebih sejak tanggal 1 Agustus 2022 hingga 31 Desember 2022, Nurul mengikuti program yang diselenggarakan oleh PT Dicoding Akademi Indonesia pada bagian (learning path) Machine Learning and Front end.

Diseminasi kedua disampaikan oleh Annas Abdulloh. Terhitung selama 5 bulan sejak tanggal 1 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023, Annas mengikuti program yang diselenggarakan oleh PT Lentera Bangsa Benderang (Binar Academy) pada bagian (learning path) Fullstack web Development.

Diseminasi yang ketiga disampaikan oleh Al Bukhari Bin Riedo. Terhitung selama 5 bulan sejak tanggal 1 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023, Al Bukhari mengikuti program yang diselenggarakan oleh PT Hacktivate Teknologi Indonesia pada bagian (learning path) golang for back end programmer.

Diseminasi yang terakhir disampaikan oleh Naufal Cahyo Pradana D. Terhitung selama 4 bulan sejak tanggal 24 Agustus 2022 hingga 28 Desember 2022, Naufal mengikuti program yang diselenggarakan oleh PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) pada bagian (learning path) front end engineer.

Keempat diseminasi mahasiswa SIB tersebut menyampaikan tentang progress pembelajaran, pengenalan mitra SIB, managemen waktu serta memaparkan projek akhir baik projek secara individu maupun berkelompok.

Setelah pemaparan disemimasi mahasiswa SIB, ditutup dengan diseminasi mahasiswa PMM oleh Wira Nata Negara di ITB STIKOM Bali. Terhitung selama 4 bulan sejak tanggal 10 September 2022 hingga 2 Februari 2023 , Wira menyampaikan terkait proses pembelajaran, informasi program pertukaran mahasiswa merdeka, dan pengenalan sosial kultural yang ada pada daerah Bali.

kegiatan diseminasi ini diharapkan bisa memicu para mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan-kegiatan MBKM yang sudah ditawarkan oleh Kemendikbud Ristek RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *